Okt 2009: Saykoji: Siang Malam Online Sama Tuhan

~ Senin, Agustus 09, 2010

Siang malam ku selalu, menatap layar terpaku... untuk online online, online online. Pasti kamu sudah nggak asing dengan penggalan lirik single yang nge-hits banget ini. Bukan cuma lagunya, sang penyanyi- atau lebih tepatnya sang rapper- sontak jadi ikutan beken. Yup, siapa coba yang nggak kenal Saykoji a.k.a Ignatius Penyami a.k.a Igor? Makanya, begitu dapet kesempatan ngobrol bareng Saykoji, KD excited banget! Ikutin yuk curhatan cowok yang terkenal low profile ini seputar karir plus pengalaman nggak enak yang pernah dialaminya.


Full of job orders

Tahu nggak sih, sebelum lagu “Online” booming seperti sekarang, Saykoji cuma menyebarnya lewat internet. Nggak ada yang nyangka kalau lagu itu ternyata sudah dilirik lebih dari 70 ribu kali di YouTube. “Lagu Online sebenarnya sudah ada dari September 2008. Saat itu gue iseng bikin klip-nya pake webcam. Trus, gue masukin ke internet. Gue juga nggak nyangka lagu ini bakal sukses dan diterima begitu baik di masyarakat. Malah dipake buat iklan segala. Ya, gara-gara lagu itu gue jadi kebanjiran job manggung. Dalam sehari, gue bisa manggung di dua tempat. Bahkan sekarang ini gue lagi sibuk main film. Nggak jauh-jauh, di film ini gue berperan sebagai rapper juga.”


Early Career

“Gue mulai tertarik sama musik rap sejak tahun 2000. Saat itu gue masih di bangku SMU. Awalnya, sih, gue nggak begitu suka musik rap. Temponya kecepetan, belom lagi liriknya yang nggak jelas. Pake bahasa Inggris pula, gue makin nggak nyerna. Tapi, setelah gue dengar album rap lokal Pesta Rap, gue mulai jatuh cinta sama genre musik satu itu. Mulailah gue mempelajari musik rap/hip-hop. Gue sadar, untuk jadi rapper itu nggak mudah. Belum banyak rapper di Indonesia. Di industri musik sendiri, rap dan hip-hop belum begitu mudah diterima telinga masyarakat Indonesia. Nggak segampang musik pop atau rock. Menulis lirik lagu hip-hop juga sama susahnya. Gagal sekali, coba lagi. Makanya gue sering cari referensi di internet, dan terbukti itu bantu gue banget dalam membuat lirik.”


Being Cheated

Selama merintis karir, nggak jarang Igor mengalami hambatan. “Waktu itu gue diminta manggung di luar kota. Karena belom tahu apa-apa, gue setuju saja dibayar setelah manggung. Ternyata setelah selesai perform gue nggak dibayar sama sekali, nggak diurusin, dan mesti pulang sendiri, hahaha! Tapi itu jadi pengalaman yang berharga buat gue. Ada satu lagi pengalaman yang nggak enak, dulu gue pernah punya sebuah grup hip-hop, tapi bubar di tengah jalan karena perbedaan visi. Padahal waktu itu kita sudah ditawarin label dari Australia untuk bikin album.”


About Jesus

“Gue cuma mau kasih tahu satu hal. Segala sesuatu yang bisa gue capai dalam hidup gue, itu karena nilai-nilai yang gue pelajari dari Yesus sendiri. Nggak ada satu pun yang bisa gue banggain dari hidup dan karir gue, kecuali sadar bahwa Tuhan yang sudah memakai gue sampai bisa punya karir seperti ini. Yang akhirnya bisa menginspirasi orang lain untuk sadar kalau Tuhan gue memang dahsyat. Dan karena relize semua dari Tuhan, gue nggak mau satu hari pun hidup tanpa ingat Dia. Baik lewat doa, saat teduh, pelayanan, pekerjaan, apapun itu,” kata cowok yang juga punya side project rohani ini.


Lovely Wife

Sang isteri, dialah orang yang paling berjasa dalam kemajuan karir Igor. “Bisa dibilang dia nggak suka musik hip-hop, tapi dia adalah orang yang paling yakin kalau gue bisa sukses dari nge-rapp. Dia selalu setia support gue, bahkan saat gue jatuh bangun dalam berkarir. Kalau ada job, gue nggak pernah minta macem-macem sama panitia. Cuma minta satu, bisa ajak istri! Hehehe… buat gue kalau ada istri, bisa saling mengingatkan dan melengkapi. Dengan adanya istri di sisi gue, itu lebih dari apapun yang bisa disiapkan sama panitia,” kata suami dari Tessi Penyami ini. Jadi, bisa dipastikan sang istri tercinta bakalan ikut kemana pun Saykoji show. Huuh, so sweeet....


Down To Earth

Sudah jadi rahasia umum kalau Igor orangnya super duper ramah dan rendah hati. Doski nggak pernah bersikap sok ngartis. Tiap kali diundang, dia lebih memilih berbaur sama panitia ketimbang dikasih ruangan VIP. Kalau kamu mengunjungi blog resmi Saykoji, di situ Igor nulis wacana tentang betapa dia menghormati nilai-nilai muslim. Komentar berisi pujian terhadap Saykoji pun mengalir deras dari netters. Ini membuktikan kalau Igor bisa jadi berkat, bahkan buat umat di luar Kristen sekalipun. Two thumb up buat Saykoji! Terus jadi berkat bagi banyak orang, en sukses selalu! (DAV)


Saykoji Others Facts!

Rapper, DJ, dan semua yang bantuin Igor di panggung disebut Saykoji. Tapi aslinya, Saykoji itu cuma satu orang, yah, si Igor itu.

Salah satu yang bikin Igor memutuskan DO (drop out) dari kuliah, karena kampus selalu mengingatkannya pada sang papa (almarhum), yang juga merupakan pembantu rektor di Universitas Pelita Harapan, tempat Igor kuliah.

Beberapa bulan lalu, Igor masih sepi job. Lagu Online ternyata memang sukses mengangkat karirnya, lho!

Igor juga punya clothing line sendiri yang ia beri label Batik Wear. Sudah jago ngerap, jago bisnis pula... ck,ck,ck!

0 komentar:

Posting Komentar

TWITTER